Senin, 28 Oktober 2013

Posted by jinson on 07.41 No comments

Posted by jinson on 6:21 AM No comments
Hindari Kerang & Kepiting
Bagi para wanita, berhati-hatilah bila gemar mengonsumsi makanan laut terutama kerang dan kepiting. Menurut para ahli, kerang dan kepiting dapat meningkatkan risiko munculnya jaringan rahim yang tumbuh di bagian lain tubuh. Gejala ini biasanya dikenal sebagai Endometriosis.

Endometriosis bisa disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang rendah. Obesitas dan banyak mengkonsumsi makanan siap saji juga meningkatkan risiko terkena endometriosis. "Selain itu, makan makanan yang mengandung logam berat seperti kepiting dan kerang bisa memicu turunnya daya tahan tubuh sehingga tubuh rentan terhadap endometriosis," dr. H. Andon Hestiantoro, Sp OG (K) Divisi Imunoendoktrinologi Reproduksi Dept. Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Endometriosis merupakan penyakit kronik dimana jaringan endometrium yang terdapat di dalam rahim (uterus) yang tumbuh di tempat lain di dalam tubuh. Tumbuhnya jaringan endometrium di luar rahim disebabkan oleh darah menstruasi membalik dan masuk ke dalam rongga perut dan menempel.

Endometriosis menyebabkan rasa nyeri saat haid, buang air besar dan ketika melakukan hubungan seks. Setiap wanita mengalami perbedaan dalam tingkatan nyeri endometriosis. Perbedaan tersebut tidak selalu berkaitan dengan besarnya lesi endometrium.

Beberapa wanita mengalami nyeri yang spesifik pada waktu tertentu dalam periode menstruasi. Sedangkan 1 dari 4 wanita lainnya mengalami nyeri pada keseluruhan periode menstruasi.

Endometriosis diperkirakan diderita 1 dari 10 wanita dalam masa reproduksi mereka. Di Indonesia, sebanyak 5% dari jumlah pasangan usia subur menderita endometriosis. "Dari 100% wanita perkotaan, 25% wanitanya berisiko menderita endometriosis," kata dr. Andon ketika ditemui di Hotel Le Meridien, Kamis (19/9). "Dari 100% penderita kista, 70% disebabkan oleh endometriosis," ungkap dr. Andon.

Jangan sampai terlambat sebab endometriosis bisa menyebabkan wanita sulit hamil. Ayo Selamatkan Wanita DARI KISTA.
dari : intisari

0 komentar:

Posting Komentar